Gatsby adalah generator situs statis yang menggunakan React dan GraphQL

August 27, 2019 • ☕️ 1 min read

kali ini saya akan menulis tentang Gatsby

Apa itu Gatsby.js

Static site generator (SSG) telah ada selama beberapa tahun. Ruby dan JeklII memulai tren penerbitan konten ini sebagai file HTML statis, React.js telah menjadi bahan poko bagi pengembang UI.

Gatsby adalah static site generator yang menggunakan React dan GraphQL Sebagai API internal.

Gatsby telah berkembang dalam beberapa tahun, namun pada tahun paru pertama 2017, proyek ini telah mendapat momentuk yang signifikan. Yang paling menonjol, perombakan React.js resmi di lakukan dengan Gatsby.js. Ini berati Gatsby memiliki daya tahan yang serius.

Selain React.js Gatsby menggunakan teknologi ini lain yang berasal dari Facebook. GraphQL adalah bahasa query yang paling banyak digunakan untuk komunikasi melalui HTTP, mirip dengan API. Gatsby menampilkan bahwa sintaks GraphQL juga bekerja untuk API internal.

Gatsby telah matang secara signifikan dalam satu tahun terakhir, dan telah berpindah dari generatos situs statis ke dalam ranah untuk dapat menantang Framework Javascript universal yang lengkap seperti Next.js. Keuntungan yang dimiliki Gatsby atas solusi lainya adalah pneggunaan GraphQL secara umum sebagai API Internal